Negeri Islam

Negara dan Negeri

Meskipun dua istilah ini kadang dianggap sama dan bisa saling menggantikan, sebetulnya masing-masing punya pendekatan makna yang berbeda.

Arti utama dari negara, menurut KBBI adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat.

Sedangkan negeri, menurut KBBI adalah tanah tempat tinggal suatu bangsa.

Sehingga kalau terkait: bangsa, rakyat, tanah air, dan wilayah, kita menyebutnya negeri. Seperti pada lagu “Padamu Negeri”, bukan padamu negara.

Adapun ketika berbicara terkait interaksi antara rakyat dengan pemerintah, maka kita istilahkan pemerintah itu dengan negara, bukan negeri. Misal pada kalimat: Hartanya disita oleh negara, bukan oleh negeri.

Dalam bahasa Arab, negara diterjemahkan dengan الدولة (daulah). Negara Islam terjemahnya Daulah Islamiyah. Artinya, dasar negaranya Islam dan menerapkan syariat Islam dalam menjalankan pemerintahan.

Adapun negeri, diterjemahkan dengan دار (daar). Sehingga negeri Islam terjemahnya Daarul Islam. Artinya, di penduduk negeri tersebut mayoritas Islam, dan syiar-syiar agama Islam juga tampak jelas.

Indonesia bukan negara Islam, ini benar. Kalau kita bilang negara Islam maka menyalahi fakta karena memang dasar negaranya bukan satu agama tertentu (dalam hal ini Islam).

Tapi Indonesia adalah negeri Islam, karena mayoritas penduduknya muslim, dan syi’ar-syi’ar Islam dominan di negeri ini, sesuai kriteria yang diterapkan oleh para ulama klasik.

Ustadz Ristiyan Ragil Putradianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: