Tiga Modal Utama Untuk Mendekat Kepada Allah

Semakin bertambahnya usia, standarnya akan semakin mengerti pula bahwa kebahagiaan dan ketenangan itu hanya bisa dicapai dengan mendekat kepada Allah.

Sebagaimana pepatah mengatakan,

مهما طال بك العمر، ستعرف لا حقًا أن لاسعادة حقيقة إلا بقربك من الله.

Maka mendekat kepada Allah butuh ketaatan dan ketundukan. Inilah modal paling dasar.
Sebagian orang mulai memperbaiki diri dengan memunculkan ketaatan, menjalankan apa yang Allah wajibkan, menjauhi apa yang Allah larang.

Namun sebagian pula tak kuat menahan gejolak nafsunya, syahwatnya memaksanya untuk keluar dari koridor syariat, sebagaimana batu-batu yang sudah rapih tertata dalam kotak namun kembali mencuat berantakan karena ditendang oleh syahwatnya.

Maka mendekat kepada Allah butuh kesabaran. Sabar dengan indah, inilah yang mendatangkan ketentraman. Namun dunia tempatnya ujian, adakalanya situasi dunia mengaburkan antara yang putih dan hitam, yang haq dan yang bathil.

Sehingga sebagian yang sudah taat dan sabar tertipu dan terbawa arus kemaksiatan, sebagian pula menyempal dari aqidah lurus tanpa sadar.

Maka mendekat kepada Allah juga butuh ilmu. Inilah yang bisa menjadi wasilah penolong dikala situasi tak menguntungkan. Orang yang berilmu akan tahu kemana dia harus berjalan ketika arus ombak kehidupan mengacaukan segalanya.

Dengan ketiga hal inilah kita berharap keselamatan dunia dan akhirat. Dengan ketaatan dan ketundukan, kesabaran, serta ilmu.

Fahmi Nurul Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: