Perceraian

Setiap kali ada yg minta nasehat karena mau bercerai atau sudah bercerai, saya selalu merasa sedih. Walaupun kadang kala bercerai adalah keputusan yg benar secara syari, terutama jika pasangannya batal keislamannya.

Saya faham kenapa setan sangat bersemangat menceraikan sebuah keluarga, karena efek merusaknya yg luar biasa. Akibatnya yg berkepanjangan tidak hanya pada yg bercerai, tapi juga pada anak2 mereka. Dan perceraian bahkan terjadi pada pasangan yg terlihat ideal, ganteng , cantik, kaya, dengan resepsi pernikahan yg mewah.

Kalau dilihat dengan detil, salah satu sumber utama perceraian adalah kesalahan sejak awal dalam memilih pasangan. Yg dimaksud kesalahan adalah memilih pasangan dengan mengutamakan faktor fisik, materi, kedudukan, perasaan, dan meremehkan atau bahkan mengorbankan agama dan ahlak pasangan.

Saya suka ngomong ke anak2 muda, bayangkan ketika akan memilih jodoh, kalian pasti akan mengalami badai dan cobaan dalam mengarungi keluarga. Dan badai itu kadang sangat dahsyat. Apalagi sekarang kita hidup dizaman penuh fitnah. Apa jadinya jika keluarga itu, salah satu atau kedua duanya lemah agamanya ? Kemungkinan bahtera keluarga karam cukup besar.

Sungguh benarlah nasehat agung dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, hendaklah kamu pilih wanita (pasangan) yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari no.5090, Muslim no.1466).

Aslam Salimudin
Esbjerg 20 Desember 2021

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: