Senam dan Yoga

Jangan juga senam diberi nama ‘yoga’.
Kalau kita merasa tidak nyaman dengan istilah-istilah yang merujuk kepada kemaksiatan, maka seharusnya kita jauh lebih tidak nyaman dengan istilah yang lebih dari itu, yaitu istilah yang merujuk kepada peribadahan yang syirik. Tidak pantas kita tasyabbuh bil kuffar alias menyerupai kaum kuffar walaupun ‘hanya’ dalam soal istilah, karena menyangkut aqidah yang mendasar karena terkait tauhid uluhiyah kepada Allah.

Istilah yoga adalah bagian dari semedi, meditasi dan peribadahan kepada selain Allah, tidak beda dengan ‘kebaktian’ atau ‘tantra’ dan semacamnya.

Nikah vs zina, hakikat yang dilakukan sama, tapi beda istilah dan nilainya. Yang satu berpahala ibadah besar penyebab masuk surga, yang satu lagi maksiat besar penyebab masuk neraka. Dan nggak ada orang yang rela pernikahannya disebut zina. Murka, pasti.

“Hanya” dengan lafaz dua kalimat syahadat yang “ringan”, seseorang sudah menjadi muslim, diharamkan darah dan hartanya, dan dijamin masuk surga, dan “hanya” dengan kalimat sederhana yang enteng semisal “saya mau ikut kebaktian” atau menyinyiri ayat Al Quran dan hadits yang hasan /shahih sudah cukup untuk memasukkan seseorang abadi di dalam neraka selama-lamanya.

Kita harus berhati-hati dengan lafadz dan lisan, semua ada hisabnya, dan sebagian besar orang masuk neraka karena ketergelinciran lisan karena menganggap remeh lafadz dan lisan. Termasuk istilah, karena Islam tegak dengan ilmu, yang memaknai istilah dengan segala konsekuensi pahala-dosa dan surga-neraka.

Hendaklah kita takut kepada Allah. Berapa banyak di akhirat nanti orang yang di dunia merasa sebagai muslim dan mukmin, tetapi ternyata Allah kumpulkan bersama kaum kuffar, lalu diceburkan ke dalam neraka karena tasyabbuh bil kuffar atau karena keyakinan mereka ternyata menyimpang dari pemahaman Islam yang salaf selama di dunia. Na’udzubillahi min dzaalik.

Semoga Allah memberi taufik, hidayah dan istiqamah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: