Larangan Memberontak Terhadap Penguasa Muslim

Kata Nabi ﷺ pemimpin yg zhalim itu kelak akan masuk kedalam neraka, dalam hadits yg lain juga disebutkan bahwa seorang pemimpin kelak akan datang pd hari kiamat dlm keadaan tangannya dibelenggu, jika ia berbuat adil semasa didunia maka keadilannya itu akan menyelamatkannya, jika ia zhalim maka kezhalimannya itu akan melemparkannya kedalam neraka. Hadits shahih diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab shahihnya.

Akan tetapi, menghukum penguasa yg zhalim, semua itu adalah pekerjaan Allah bukan pekerjaan anda. Adakalanya nanti (di Akhirat) Allah mengampuni mereka karena kebaikan² mereka yg banyak yg tersembunyi dari kita, adakalanya Allah tetap menghukum mereka, itu semua rahasia Allah.

Adapun anda, jika didunia anda bertemu dgn penguasa yg zhalim maka kata Nabi ﷺ tetaplah mendengar dan taat kepadanya dalam hal ma’ruf (baik) dan jangan memberontak, selama ia (pemimpin tersebut) masih mengerjakan shalat. Sebagaimana Hadits:

إنه يستعمل عليكم أمراء فتعرفون وتنكرون فمن كره فقد برئ ومن أنكر فقد سلم ولكن من رضي وتابع قالوا يا رسول الله ألا نقاتلهم قال لا ما صلوا أي من كره بقلبه وأنكر بقلبه

”Akan diangkat para penguasa untuk kalian, Lalu kalian mengenalinya dan kemudian kalian mengingkarinya (karena ia telah berbuat maksiat dan penyimpangan² dalam agama). Barangsiapa yg benci, maka ia telah berlepas tangan. Barangsiapa yg mengingkarinya, sungguh ia telah selamat. Akan tetapi, lain halnya dengan orang yg ridha dan patuh terhadap pemimpin tersebut (dalam perbuatan maksiatnya)”. Para shahabat bertanya : ”Wahai Rasulullah, apakah kami boleh memeranginya ?”. Beliau menjawab : ”Tidak, selama mereka masih mengerjakan shalat, yakni barangsiapa yg benci maka bencilah dengan hatinya dan barang siapa yg mengingkari maka ingkarilah dengan hatinya”. (HR. Muslim)

Faishal Abu Ibrahim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: