Apakah Seorang Suami akan Menanggung Dosa Istri dan Anak-Anaknya?

Apakah seorang suami akan menanggung dosa istri dan anak²nya?

Jawab:
Tidak, seorang suami tidak menanggung dosa istri dan anak²nya, jika istri dan anak²nya berbuat dosa maka dosanya akan ditanggung oleh mereka masing², karena Allah ta’ala telah berfirman:

وَلَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلَّا عَلَيْهَا وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى

“Dan tidaklah seorang berbuat dosa melainkan dosanya akan terbebani kepada dirinya sendiri, dan seseorang yg berdosa tdk menanggung dosa org lain”
(Al’an’am;164)

Akan tetapi, seorang lelaki punya tanggung jawab atas pendidikan (agama) istri dan anak²nya. Jadi, bedakan antara bab memikul dosa dengan bab memikul tanggung jawab. Jika istri tidak berjilbab maka seorang suami berdosa jika ia tidak menyuruh istrinya untuk berjilbab, jika anak tidak shalat maka ia berdosa jika tidak mengajari dan memerintahkan anaknya untuk shalat. Dalilnya adalah hadits Nabi ﷺ berikut ini:

ألا كلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته فالإمام الاعظم الذي على الناس راع وهو مسؤول عن رعيته والرجل راع على أهل بيته وهو مسؤول عن رعيته ..

“ketahuilah Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan ditanya atas apa yang ia pimpin. Seorang penguasa yang memimpin rakyat banyak dia akan ditanya tentang rakyatnya. Seorang lelaki adalah pemimpin bagi anggota keluarganya dan dia akan ditanya tentang keluarganya itu ..”
(HR. Bukhari)

Seorang suami akan terkena dosa jika dia menelantarkan pendidikan agama istri dan anak²nya serta karena membiarkan mereka melakukan maksiat, profil lelaki seperti ini dalam agama disebut “Ad Dayyuts”. Nabi ﷺ bersabda:

ثلاثة قد حرم اللّٰه عليهم الجنة مدمن الخمر والعاق والديوث الذي يقر في أهله الخبث

“Ada tiga orang yang Allah benar² haramkan mereka masuk surga, yakni: Pecandu khamr, anak yang durhaka pada orang tua dan AD DAYYUTS, yaitu orang yang setuju pada khabats (maksiat) yang dilakukan oleh anak istrinya”
(Shahih Al Jami‘ no.3052)

Faishal Abu Ibrahim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: