Kemiripan Antara Ajaran Ahlul Kitab dan Islam Tidak Mesti Selalu Diselisihi

Ada kemiripan antara ajaran ahlul kitāb dan ajaran Islām tidak bermakna mesti dan harus selalu diselisihi. Kita menyelisihi pada apa yang dalam syarī’at ini diperintahkan untuk menyelisihi. Dan agama ini agama dalīl bukan agama akal yang jika begini dalam satu hal, lalu dipukul rata dalam semua hal juga harus demikian.


Misal:
Ahlul kitāb jenggotan dan Muslim jenggotan tidak bermakna jenggot itu menjadi salah dalam agama ini. Atau ketika ahlul kitāb datang kepada nabi yang menceritakan dalam kitāb mereka ada syarī’āt terkait hukum rajam bagi zina muhshan dan dalam ajaran Islām juga ada syarī’āt rajam bagi zina muhshan, atau ketika ada diantara ahlul kitāb meyakini Allāh di langit dan Islām juga menetapkan Allāh di langit, atau wanita ahlul kitāb berhijāb hitam rapat sesuai syarī’āt dan di dalam Islām juga demikian, maka tidak bermakna kita harus menyelisihi mereka.
Karena agama ini menyempurnakan agama-agama sebelumnya, dan memperbaiki apa-apa yang sudah dirubah-rubah oleh ajaran agama sebelumnya dan dalīl yang menjadi landasannya.


Sehingga, apa saja yang Allāh dan nabi tetapkan dalam syarī’āt ini sama dengan agama sebelumnya maka kita tetapkan sama, dan apa yang Allāh dan rasūlnya mansukhkan (hapuskan) dari agama sebelumnya pada agama ini maka kita menyelisihi mereka karena sudah mansūkh.


Maka fahami kaidah-kaidah beragama agar tidak salah memahami.


Salah memahami jadi tersesat jalan seperti ucapan doktor fulān yang melarang qaum muslimīn berjenggot katanya karena mengikuti ahlul kitāb. Inilah ketidak faqihannya dalam beragama.


Belajarlah manhaj yang benar agar benar memahami agama, jangan belajar lintas manhaj karena akan merubah cara memahami agama.
Belajar lintas madzhab dari 4 madzhab silakan saja, tapi kepada satu manhaj bukan lintas manhaj.

Hanafi Abu Abdillah Ahmad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: