“…jangankan merangkul, mungkin mengingat namaku pun sudah tak sudi”

Simpati saya terhadap al-akh yang dipenjara adalah ketika di ujung jurang, tak satu pun temannya yang menolong. Bersuara pun tidak. Lantangnya para teman berubah menjadi gugup. Sebelumnya lantang anti rezim. Katanya pergerakan tapi kali ini tidak bisa atau tidak mau bergerak.

Mana sahabat sepercangkulan yaitu al-ustadz fulan dan allan, yang di masa ceria saling merangkul. Yang sama-sama hendak mempersatukan umat, menurut mereka.

Saya sangat berharap agar al-akh menyadari bahwa teman sejati bukan yang seperti itu. Yang sungkan menasehati karena kita sebarisan dan sama-sama punya kepentingan, entah kepentingan popularitas, komunitas, dan duniawi lainnya. Koaran dan keberanian (kenekatan) al-akh adalah instrumen yang selama ini dimanfaatkan para ‘teman’. Inilah teman kepentingan.

Kini mari kita introspeksi perjuangan kita selama ini. Apa tulus untuk menegakkan kalimat Allah dan syariat-Nya?

Mana penegakan itu jika syirik masih tidak menjadi tema pembahasan dan bid’ah justru jadi perhiasan?! Berteman dengan ahlul bid’ah bahkan bersatu padu demi menggalang persatuan, yang pada akhirnya peristiwa demi kejadian mmembuat kita tahu rupanya selama ini hanya kepentingan. Berjuang ketika bermassa, namun mencari aman saat teman dipenjara.

Anda mungkin geram membaca ini dan tidak geram dengan kebid’ahan teman. Jika betul Anda menuju pemurnian Islam dan melawan kebid’ahan, maka mengapa Ahlul Bid’ah menjadi teman kencan dan hukum buatan manusia dijadikan perahu masa depan?!

Jika rangkulanmu hanya untuk ‘kepentingan’, maka di saat aku sudah tidak penting lagi, jangankan merangkul, mungkin mengingat namaku pun sudah tak sudi.

(Ust Hasan Al Jaizy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: