Berkah Hadir pada yang Sedikit dan yang Banyak

Ada orang kaya. Kekayaannya membuat ia semakin menjadi hamba yang shaleh di hadapan Allah. Tak pula ia bersikap sombong dalam bergaya, bersikap dan bertutur di hadapan manusia. Tak ada perasaan tinggi hati. Semakin bertambah rizkinya, semakin ia menderma. Banyak membantu para penuntut ilmu agama dan orang miskin. Sumber pemasukannya disaring agar yang halal lah yang masuk ke raganya dan raga keluarganya. Sangat menjauhi sumber yang haram lagi nista agar tak membuat Rabbnya murka. Diusahakannya tetap bermajelis ilmu agar tidak binasa dalam lumpur kebodohan, agar hatinya kokoh di zaman penuh ujian dan fitnah, agar biduh rumah tangganya berlabuh di taman Surga. Ini namanya berkah.

Ada orang miskin. Serba tak cukup. Ia pun tak menyalahi dan mencibir Rabbnya atas apa yang didapatinya sehari-hari. Miskin tak membuatnya kufur. Ia tak merasa hina. Hidupnya tenang dan lapang. Apa yang ada, ia syukuri. Lisan ditahan dan dikunci rapat agar tidak mengeluh sebab umpatan tak akan mengubah segalanya. Tangannya ditahan utk tak meminta-minta. Matanya ditahan agar tak menengok mereka yang ada di atas, pula agar orang-orang tak menatapnya iba. Ia bahagia dan tenang dengan iman dan ibadahya. Ini namanya berkah.

Berkah ada dan hadir pada yang sedikit. Juga pada yang banyak. Tapi bukan karena semata banyak atau sedikit. Berkah ada dan hadir pada yang kaya dan juga pada yang miskin. Tapi bukan karena semata kaya atau semata miskin. Berkah itu ttg hati penuh takwa, ttg anggota badan yang tetap memperagakan kebajikan dan kebaikan atas dasar aqidah dan ilmu, apapun yg terjadi, apapun yang sdg dialami.
__
(Ust Yani Fahriansyah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: