Liberalis dan Khawarij Sumber Keributan

Tahukah Anda bahwa kerukunan dan kedamaian antar umat beragama justru akan didapat jika umat Islam mempelajari agamanya dengan penuh kesungguhan?

Justru keributan terjadi ketika seseorang mengikuti pola pikir liberal yang sukanya menafsirkan Al Quran dan Hadits sesuai maunya sendiri tanpa merujuk pada ulama yang diakui..

Dari sisi ini, sebenernya mereka tidak beda dengan simpatisan ISIS yang berideologi khawarij, dimana Rasulullah kabarkan bahwa: “Mereka membaca Al Quran tidak lebih dari tenggorokan mereka”, artinya bisa baca tapi tidak paham tafsirnya.

Kedua golongan di atas berada pada dua kutub ekstrim yang berlainan, namun sama2 berbahaya karena satu hal yang sama: bodoh terhadap ilmu agama yang benar.

Anda akan dapati setiap ada tokoh islam liberal melontarkan pernyataan yang ngawur, pasti terjadi keributan di kalangan umat Islam. Karena ucapannya itu rusak dan berbahaya bagi aqidah, sehingga orang yang paham aqidah yang benar pasti akan marah.

Jadi kalau mau rukun dan damai, mari kita belajar yang benar, pelajari tafsir yang diakui seperti Tafsir Ibnu Katsir, Al Qurthubi. Pelajari hadits, ngaji kitab.

Lha ngaji saja gak pernah sudah berani menentang para ulama, mengatakan “menurut saya ini halal, ini boleh” atas dasar logika. Halal haram itu bukan domain sembarang orang masbro. Itu domain para ulama. Bukan domain setiap orang yang mengaku muslim. Apalagi yang di luar mereka.

(Ust Ristiyan Ragil Putradianto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: