Manhaj

Manhaj aqidah salaf itu sederhana dan mudah dipahami, walaupun oleh orang yang berpendidikan rendah. Masalahnya adalah niat betul mau memahami atau tidak (apalagi cuma mau cari-cari kelemahan), serta apakah Allah beri taufiq kepadanya.

Manhaj aqidah mu’tazilah itu penuh kemumetan dan kontradiksi, tapi banyak orang awam malah terseret ke dalamnya akibat terbawa gaul orang-orang yang terpelajar secara duniawi, lalu disangkanya terpelajar secara manhaj beragama.

Manhaj aqidah khawarij itu penuh kebencian dan amarah, tapi banyak orang awam dan ‘terpelajar’ terseret ke dalamnya, akibat syubhat dalam memahami khilafah, syubhat jihad yang salah kaprah, kompor firqah sesat semacam Ikhwanul Muslimin dan Hizbut Tahrir. Mereka anggap dengan khilafah semua selesai. Mereka anggap tanpa khilafah Islam tidak bisa tegak. Padahal dalam diri-diri mereka sendiri dasar-dasar Islam belum tegak – terkait aqidah yang shahihah dan al wala’ wal bara’. Bukti-buktinya terlalu nyata dan jelas.

Manhaj aqidah sufiyah itu penuh kebingungan, takhayul, khurafat dan syirik yang membinasakan, tapi banyak orang awam dan terpelajar secara agama terseret parah ke dalamnya, akibat ghuluw terhadap tokoh, salah memilih guru dan tidak merujuk kepada pemahaman tiga generasi pertama.

Seringkali ketiga manhaj sesat mu’tazilah, khawarij dan sufiyah bersatu dalam diri seseorang. Walaupun secara inheren sebetulnya mu’tazilah agak berseberangan dengan sufiyah. Tapi ya memang demikian yang terjadi atas orang-orang yang kebingungan dalam beragama, yang ngajinya dari orang-orang yang nggak jelas sanad keilmuannya. Hanya sekedar mengandalkan ta’ashub dan ghuluw.

Taufiq dan hidayah sunnah itu mahal, bro …

Allahul musta’an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: